Sabtu, 31 Maret 2012

Sistem administrasi usaha kecil

Belajar dari kebangkrutan usaha rumahan, sekecil apapun usaha itu tetap harus melakukan administrasi dan pembukuan yang baik. Pencatatan pengeluaran dan pemasukan harus ada walaupun secara sederhana. Tidak harus berdasarkan standar akuntansi, yang penting bisa mengetahui uang keluar-masuk dengan jelas.

Sistem administrasi dan pembukuan sederhana usaha kecil rumahan bisa dilakukan seperti ini.
  1. Membuat catatan perjanjian dagang: dengan siapa janji dibuat, waktu, isi janji, dan keterangan lain yang diperlukan.
  2. Catatan pemasaran: nama-nama agen/pengecer, jadwal pengiriman barang, dan sebagainya.
  3. Catatan pemesanan dan pengiriman: nama dan alamat, jumlah pesanan, waktu pengiriman, dan keterangan lainnya.
  4. Catatan gudang: jenis dan nama barang, jumlah, arus keluar-masuk barang dari gudang, tanggal dan kondisi barang.
  5. Catatan proses produksi:semua masalah yang berkaitan dengan kelancaran proses produksi.
  6. Catatan kepegawaian: data dan identitas karyawan, jumlah, upah, dan prestasi kerja.
  7. Membuat daftar inventaris dan neraca.
  8. Membuat buku harian.
  9. Membuat laporan neraca dan laba rugi.
  10. Agar semua kegiatan usaha berjalan lancar perlu juga dibuat SOP (Standar operating Prosedur).  Demikianlah beberapa kegiatan yang dilakukan agar bisnis yang kita geluti tetap bejalan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar